| | | | |
Customer Care : +6231 3551 221
| | | | |
Berita & Tips by Hakiki Donarta

Mengenal Cake Emulsifier (Ovalet, TBM, dan SP)

by Hakiki Donarta

Saat akan membuat cake atau kue biasanya moms butuh cake emulsifier atau pengemulsi khusus untuk adonan kue dan cake. Zat pengemulsi ini dibutuhkan agar mendapatkan kue atau cake dengan tekstur yang lembut dan empuk. Di Indonesia, cake emulsifier yang paling sering ditemukan dan digunakan, antara lain ovalet, TBM, dan SP. 

Ovalet, TBM, dan SP sama-sama punya fungsi sebagai pengemulsi (emulsifier) ya moms. Yang membedakannya adalah merek dagang serta kualitasnya. Kegunaannya pun bisa membuat adonan cake atau kue bisa lebih menyatu dan stabil. Sehingga hasilnya nanti bisa lembut dan mengembang. Risiko cake atau kue gagal pun lebih kecil.

Sekarang yuk kita bahas soal yang ovalet, TBM, dan SP. Agar kita bisa memilih dan menggunakan bahan yang tepat untuk cake atau kue yang akan kita buat.

TBM Bisa Memperbaiki Tekstur Cake Jadi Lebih Lembut

TBM biasanya digunakan dalam pembuatan cake. Ditambahkan saat proses pengocokan. Fungsi dari TBM ini bisa memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut. Komposisi TBM sendiri dikenal lebih kompleks dari ovalet. Umumnya TBM dipakai pada proses pencampuran mentega dan gula yang telah mengembang dengan telur.

SP Cocok untuk Resep Kue yang Telurnya Dikocok

Resep cake dan bolu biasanya paling pas menggunakan SP. SP cocok digunakan untuk resep yang telurnya perlu dikocok sampai mengembang kaku. Pada cake, SP bisa membuat hasil pengocokan adonan lebih stabil dan menyatu. Adonan pun jadi tidak mudah turun ketika dikocok. Resep kue yang memerlukan pengocokan telur dan gula lebih dulu baru diakhiri dengan mentega cair juga bisa pakai SP.

Ovalet Mengandung Asam Lemak dari Hewan

Kandungan ovalet hampir sama dengan TBM yang mengandung mono dan digliserida. Hanya saja ovalet ini lebih banyak mengandung asam lemak dari hewan. Adakalanya kita juga perlu mengecek apakah ada logo halal dari cake emulsifier yang satu ini. Dengan ovalet, bahan mentega dan telur bisa dibuat lebih menyatu. Serta hasil kuenya jadi lebih lembut dan agak basah.

Kalau tidak ada SP, kita bisa menggunakan TBM atau ovalet. Begitu juga sebaliknya. Kita bisa pakai cake emulsifier dari salah satu merek dagang tersebut untuk kue atau cake yang akan kita buat. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan takaran pada resep. Semoga info ini membantu, ya moms.. 


© 2019 PT Hakiki Donarta Indonesia
© 2019 PT Hakiki Donarta Indonesia
Website Design by Lencanna Graphic
Website Design by Lencanna Graphic